MAKNA PAHLAWAN BAGI REMAJA

Dewasa ini, terjadi perubahan yang sangat pesat dalam kehidupan manusia akibat IT dan gadget, khususnya dari segi makna pahlawan. Pergeseran makna pahlawan merupakan sebuah kenyataan yang terjadi di masyarakat, khususnya di kalangan remaja. Semula, pahlawan merupakan seorang individu yang luar biasa dan mengagumkan. Kini, muncul banyak pujaan baru melalui kepahlawanan semu. Terjadilah apa yang dinamakan pemiskinan makna kepahlawanan [involusi]. Media khususnya pertelevisian sangat berpengaruh dalam pergeseran makna pahlawan ini.

           
            Evalusi terhadap Remaja

            Seharusnya remaja sebagi penerus bangsa Indonesia tidak terfokus pada pahlawan semu yang ada di televisi atau sejnisnya, mulai superman, batman, dkk. Tapi juga harus mengenal pahlawan-pahlawan bangsa ini sebagai wujud nasionalime dan tidak cukup sampai mengenal tapi juga harus menhgargai dan menghormatinya.

            Evaluasi terhadap Pemerintah

            Seharusny pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan bisa menyelipkan materi kepahlawanan atau mengenal pahlawan dalam buku teks mata pelajaran mulai usia dini. Dan Pemerintah sebagi contoh juga harus memperhatikan pahlawan yang masih hidup dengan memberi santunan atau sejenisnya bukannya malah diterlantarkan dan dibiarkan hidup seadanya.

            Evaluasi terhadap Pertelevisian

            Seharusnya pertelevisian Indonesia memiliki acara yang bisa menumbuhkan rasa Nasionalisme dan cinta pahlawan seperti mungkin, acara khusus hari pahlawan, bukan hanya superhero khayalan saja.

            Harapan Kedepannya

            Pemerintah dan pertelevisian bahkan warganya bisa bekerjasama dalam menciptakan rasa nasionalisme dan cinta pahlawan kepada anak bangsa sehingga bisa terwujud Generasi emas penerus bangsa yang cinta tanah aiar dan tahu siapa sosok pahlawan di Indonesia.

            Sudah semestinya, orang tua, guru dan tokoh elit di masyarakat menjadi contoh bagi anak-anak dan remaja. Majunya IT di Indonesia harus b isa diimbangi dengan kearifan yang menjunjung tinggi nasionalisme. Akhirnya satu pertanyyan untuk kita, “Bagaimana kemajuan IT bisa mendorong kemajuan kedaulatan bangsa dan pahlawannya?”, mari kita renungkan bersama.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Syari'ah-Fiqh-Fatwa-Qanun-Qadha' : "Makna, Persamaan dan Perbedaanya"

Menuju Negara Hukum Demokratis yang Sebenar-benarnya

Hari Santri...Substansi dan Simbol...